panduan pembelian sepada

Minggu, 09 September 2012

Panduan membeli sepeda gunung Written by ... Panduan membeli sepeda gunung berkualitas : Anda mempunyai rencana membeli sepeda gunung yang baru ? Pastikan untuk mempertimbangkan banyak faktor. Frame yang berbeda, komponen, maupun merk peralatan yang disamarkan dengan jargon2 sepeda gunung yang bombastis terutama yang menonjolkan superior teknologinya Jangan terpengaruh oleh merk apalagi harga discount nya, memangnya yang dibeli discountnya ?. Ingat semboyan “ no logo “ karena merk sepeda begitu banyak, bayangkan ada lebih dari seratus merk, apa tidak membingungkan pada saat ingin membeli ?. Umumnya pesepeda ingin tampil beda tapi jika semua tampil beda kan jadi sama semua menjadi tak ada beda nya. Ada beberapa pesepeda ingin lebih menonjolkan status sosialnya dengan memakai merk terkenal. Dan harus diakui bahwa sepeda mahal tampil beda, tapi apakah beda harganya yang selangit senilai beda kualitas nya ?. Umumnya ukuran berat lah yang menjadi acuan harganya, makin ringan makin mahal. Harga sepeda top–end dibawah 10 kg bisa mencapai 100 juta an, 2 – 3 kali lipat dari sepeda 11 – 12 kg an yang high-end. Apakah jenis hard tail atau full suspension?.Sesuaikah dengan anggaran . Apakah memang benar-benar harus menghabiskan jutaan rupiah? Semua pertanyaan ini harus ditangani sebelum mempertimbangkan pembelian sepeda MTB baru anda. Memperhatikan hal hal diatas, berikut ada panduan membeli sepeda gunung berkualitas : 1. Harga - Pertanyaan pertama bertanya pada diri sendiri seberapa banyak dana tersedia? Jika berencana untuk bersepeda off-road kemudian mengantisipasi pengeluaran kurang dari 5 juta rupiah, akan didapat sepeda MTB yang berkualitas rendah yang tidak akan mampu mengatasi medan kasar, terus akan yang mengarah ke perbaikan dan upgrade yang mahal . Akhirnya akan mendapat sepeda MTB yang murah tapi pada akhirnya akan memakan biaya lebih. 2. Garansi - Beli sepeda Anda dari toko sepeda terkemuka dan hanya membeli sepeda yang bergaransi terutama pada frame nya. Komponen biasanya tidak termasuk garansi. 3. Frame - Gaya anda bersepeda akan menentukan jenis frame yang tepat bagi anda. Kalau bisa hindari sepeda terbuat dari baja atau high tensile strength yang rendah kualitasnya dan sangat berat. "" Chromoly "adalah sebutan untuk campuran baja, krom dan molibdenum. Chromoly adalah alternatif yang memadai untuk pesepeda gunung pemula. Bahan ini lebih berat daripada aluminium tetapi menahan getaran dari medan terjal yang sangat baik. Aluminium adalah bahan frame yang paling populer, ringan dan kuat apalagi dengan teknologi hidroforming yang dapat menciptakan design rangka yang rumit dan menjadi sangat kuat dan rigid. Namun, bahan aluminium dengan kondisi ekstrim dapat tertekuk dan tak bisa pulih lagi. Harga frame Titanium dulunya mahal sekali,tetapi sekarang harganya telah turun menjadi terjangkau untuk sebagian pesepeda gunung. Titanium sebanding dengan aluminium dalam hal berat jenisnya tapi sekuat Chromoly. Kelemahan Titanium ada di sambungan / sendi nya. Jadi pastikan untuk membeli frame Titanium yang berkualitas. Terutama kualitas pengelasan nya. Keunggulan lain titanium bersifat lentur,sehingga dengan design yang baik akan berfungsi meredam getaran. Material lain nya terbuat dari serat karbon sangat ringan dan dapat dibuat sangat kuat terutama jika frame sepeda dibuat dengan tabung serat karbon padat. Umumnya sepeda fullsus dibuat dengan tabung hampa serat karbon; akibatnya jika terjatuh dijalan berbatu atau terkena impact dapat rusak fatal. Ukuran frame beraneka ragam versinya, yang umum : S, umum nya dipilih bagi yang memiliki tinggi maksimum 160 - 170cm, M untuk tinggi badan 170 - 180cm, L untuk diatas 180cm atau lebih tinggi, XL yang terbesar. Ukuran frame tiap merk sepeda memiliki standard ukuran berbeda beda. Seperti ukuran S, M, dan L. Bisa juga tinggi seat tube dalam inch S ( 15,5 ;16 ; 17,5 inch ) ; M ( 18 ;18,5 ;19 inch ) L ( 19,5 ; 20 ;21 inch ) dan lainnya. Ukuran tersebut biasanya mengikuti ukuran tinggi dan panjang kaki. Ukuran tersebut bukan patokan frame yang ingin dibeli. Jika tinggi diatas 175cm bisa juga lebih sesuai mengunakan ukuran S. Sebaiknya mencoba terlebih dahulu . Ingat “ Sepeda anda yang harus menyesuaikan dengan anda, bukan sebaliknya “. 4. Suspensi - Jangan pernah membeli sepeda gunung tanpa suspensi. Minimal harus bersuspensi depan. Pesepeda gunung akan mengalami getaran kuat, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Pada medan yang berat, ada kemungkinan terjadi kegagalan roda sehingga dapat menimbulkan kecelakaan "Hardtail" adalah sebutan sepeda dengan suspensi depan saja; ini baik untuk bersepeda lintas alam, biasanya sangat ringan dan nyaman untuk mendaki bukit. Fullsus atau "dual suspension" adalah sepeda yang memiliki suspensi depan dan belakang. Ini terbaik untuk melintasi medan yang sulit. Jika anda berencana untuk bersepeda di jalan berbatuan, melompat dan melewati medan yang sulit, Anda akan memerlukan naik sepeda Fullsus. Memang lebih berat, membutuhkan perawatan lebih dan lebih mahal, tapi untuk pesepeda yang serius tidak ada ruginya. Ditambah dengan teknologi suspensi belakang yang mutahir, akan mengurangi bobing efek pada saat mendaki. Bilaman perlu tinggal di non aktifkan. Seperti sepeda merk Scott yang tinggal mengatur tuas di stang nya untuk menonaktifkan / menyetel tingkat suspensi belakangnya. 5. Ukuran geometri kesesuaian sepeda - Jangan pernah meremehkan pentingnya ukuran geometri sepeda yang sesuai anda . Tanyakan ke penjual sepeda anda untuk mendapatkan ukuran sepeda yang tepat untuk anda. Perbedaan terbesar dalam ukuran geometri frame sepeda adalah jarak dari sadel/saddle ke stang / handle bar. Sebagian pesepeda cenderung bersepeda dengan posisi lebih maju, posisi tangan lebih lurus dari leher dan bahu, tetapi akan mengorbankan kontrol. Ada juga yang memilih posisi lebih mundur dengan kontrol lebih enak dan lebih baik streamline nya. Ketinggian sadel disesuaikan tergantung pada medan, sadel tinggi untuk pendakian (ekstensi kaki) atau rendah untuk penurunan yang curam (menjaga stabilitas, berat badan kebelakang dan rendah agar tidak mudah jatuh kedepan). 6. Sadel / Saddle – Tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran .Harus mencoba beberapa sadel untuk mendapatkan yang sesuai. Material yang berbeda dapat membantu meringankan chaffing. Tangkai sadel / Seatpost dapat disetel ketinggiannya untuk pesepeda menjadi lebih tinggi / rendah. Hidung sadel boleh kurus atau gemuk, tergantung pada preferensi anda. Perlu dicatat bahwa ujung hidung sadel yang lebih tinggi dikabarkan akan lebih sedikit menekan pembuluh darah di skrotum pesepeda laki-laki, katanya akan mengurangi risiko penyakit seperti kanker testis. Klaim ini mungkin atau tidak akurat, tetapi penelitian sedang berlangsung. 7. Rem / brake - Ada dua sistem rem tersedia untuk sepeda gunung, pakai canvas rem di pelek seperti sepeda masa kecil kita dan rem disk jepit maupun hidrolik yang lebih baru. Rem canvas mudah diperbaiki dan cukup murah, tetapi sekali basah atau berlumpur akan menurunkan efisiensi pengereman. Rem disk lebih rumit dan mahal, tetapi akan bekerja dengan baik dalam kondisi basah dan memberikan kontrol yang lebih baik. Banyak pengendara sepeda membeli rem canvas kemudian di upgrade ke rem disk, tetapi jangan membeli sepeda berdasarkan rem, tapi harus disadari hal ini mungkin terjadi. Ada juga sistim rem canvas yang hidrolik, tapi sudah jarang dipakai. Untuk sepeda gunung pemakain rem disc adalah alternatif yang terbaik. Ingat meskipun sistim hidrolik lebih nyaman, tapi akan lebih rumit pemeliharaan nya, sudah pasti harganya juga lebih mahal. 8. Gear set-up - Komponen gigi terdiri dari shifter dan derailleurs. Gear shifter sangat populer dikalangan pesepeda, roda gigi yang diubah tingkat kecepatan rasionya dari tuas stang, memungkinkan untuk memindahkan gigi secara langsung. Masalah dengan shifter adalah bahwa pergeseran tanpa sengaja dengan mudah dapat terjadi pada saat mendaki cepat. Ini terjadi karena memakai shifter berkualitas rendah. Shifter berkualitas tinggi akan secara cepat & akurat memindahkan gigi yang anda inginkan, dan tidak mungkin mengakibatkan gigi berubah tanpa sengaja.Sistim lama memakai 3 gigi roda depan dan 9 gigi roda belakang, sehingga ada kombinasi 27 rasio kecepatan. Sekarang sudah ada yang 10 gigi roda belakang sehingga ada kombinasi 30 rasio kecepatan. Ada juga merk SRAM yang mengeluarkan tipe terbaru 2 x 10 rasio kecepatan, SRAM berasumsi pada sistim 3 x 9 gigi memiliki kelemahan. Ada 7 macam yang berrasio kecepatan hampir sama/ kembar, akibat nya efektif hanya ada 22 pilihan rasio kecepatan yang sesuai. Tidak effisien karena membuang waktu pada saat pemindahan gigi kembarnya. Shimano adalah merk derailleurs yang paling terkenal. Derailleurs type SLX sudah cukup memadai, atau yang lebih baik XT, type terbaik XTR . Tapi jangan asal memilih berdasarkan harga saja, sesuaikan dengan budget dan pemakaian anda. XTR, XT, SLX, Deore dll kinerjanya hampir sama,berbeda hanya di bobot, teknologi dan pemakaian saja. - XTR untuk Race. Paling mahal,sangat ringan tapi rentan karena lebih tipis piringan / disc brake nya. - XT untuk ringan, groupset ini sangat handal, harganya sedang, tidak mahal dan tidak murah - SLX untuk daya tahan, sudah 9 speed - Deore yang termurah. sudah 9 speed untuk budget yang terbatas. Ingat masalah merk derailleurs bukan merupakan alasan untuk membeli atau tidak membeli sepeda merk tertentu .Karena sangat mudah di upgrade dan merupakan prosedur yang sederhana untuk setiap toko sepeda. 9. Ban / tire - Ini adalah komponen yang sangat penting, di mana terjadi kontak sepeda dengan tanah . Pastikan untuk menggunakan ban yang sesuai untuk kondisi lingkungan anda bersepeda, Ada tapak ban dibuat dengan kasar untuk jalan berlumpur atau tapak halus dengan dinding samping ban lebih keras untuk jalan lebih kencang. Ada juga ban khusus yang tersedia untuk batu, trotoar, bahkan es dan salju. Eksperimentasi dan pengalaman akan memberikan ban terbaik untuk anda bersepeda sesuai lingkungan. Untuk pesepeda pemula, gunakan ban yang telah terpasang di sepeda dan sesuaikan dengan ban yang baru setelah anda menjadi lebih mahir bersepeda. Pelek / Rim sesuaikan budget saja, kecuali bagi yang sudah profesional akan banyak pilihan rim nya. 10. Pedal - Kebanyakan pedal sekarang dilengkapi dengan strap telapak kaki juga disebut "baskets / klip", perlu sedikit waktu untuk latihan agar kaki tidak tergelincir dari pedal dan meningkatkan efisiensi pedal stroke. Setelah anda menguasai , pakailah klip pedal, untuk ini membutuhkan sepatu khusus pakai grip yang bisa melekat pada pedal ini akan meningkatkan efisiensi bersepeda. Perasaan "terhubung dengan klip " membuat terasa lebih terhubung dengan sepeda yang akan memberikan kontrol lebih baik pada saat bersepeda, tak usah kuatir jika terjatuh. Kaki anda dengan mudah akan melepaskan diri dari pedal. Jangan lupakan ukuran panjang tangkai pedal yang sesuai. Umumnya berukuran panjang 17,5 dan 18,5 cm. Lebih panjang akan memberikan momen yang lebih besar, tetapi akan lebih berisiko pedal menyentuh batu pada saat bersepeda di jalan berbatuan. Dengan memperhatikan harga, garansi dan 8 komponen penting nomor 3 – 10, akan menghasilkan pembelian sepeda gunung yang lebih berkualitas dan terpenting sesuai kebutuhan. Pastikan untuk banyak bertanya ke penjual sepeda nya dan kalau bisa mencoba dahulu sebelum membeli, cukup hanya berputar di sekitar tokonya. Terakhirnya, jangan mengabaikan membeli aksesori sepeda, terutama helm yang baik. Selamat bersepeda / ESPE.

0 komentar:

Posting Komentar

 
sepeda gunung © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions